Selasa, 03 Januari 2012

Rahasia Panjang Umur Hingga 22 Tahun

Stres, gaya hidup tidak sehat, jarang olah raga, makanan berlemak membuat tubuh kita sakit. Meninggal dunia di usia muda karena stroke sudah bukan berita baru lagi. Bagaimana cara mencegahnya? Ini lima rahasia yang membuat Anda awet muda bahkan memperpanjang usia hidup hingga 22 tahun.

+ 2 tahun: Pilih salad daripada sup untuk makanan pembuka
Peneliti Italia menemukan makan setidaknya 1 cangkir sayuran mentah setiap hari dapat menambah 2 tahun hidup Anda. Mengapa mentah? Memasak dapat menghabiskan sampai 30 persen dari antioksidan dalam sayuran. Untuk jatah makan Anda, isilah kantongsandwich dengan cincangan paprika merah dan hijau, brokoli, dan wortel. Masukkan kantong ke dalam tas kantor Anda, bersama dengan dressing yang akan meningkatkan penyerapan nutrisi tertentu.

+ 3 tahun: Pelajari hukum Lard: lemak dalam tubuh Anda hari ini bisa membunuh Anda besok
Peneliti dari Universitas Alabama menemukan bahwa kenaikan indeks massa tubuh dari 25 menjadi 35 dapat mempersingkat hidup Anda hingga 3 tahun. (Kelebihan lemak tubuh meningkatkan risiko diabetes, penyakit jantung, stroke, dan kanker usus besar). Jika Anda antiolahraga, lakukan dengan pasangan Anda. Sebuah studi dari Duke University menunjukkan kecenderungan 50 persen lebih mungkin untuk berolahraga tiga kali seminggu jika pasangan mereka berpartisipasi.

+ 3 tahun: Makanlah kacang-kacangan segar
Ketika peneliti Loma Linda University melacak kebiasaan gaya hidup dari 34.000 anggota komunitas Adven Hari Ketujuh--populasi yang terkenal panjang umur—peneliti menemukan bahwa mereka yang mengunyah kacang 5 hari seminggu bisa menambah 2,9 tahun hidup di planet ini.

+ 7,5 tahun: Jangan lupakan, teman Anda adalah “punggung” Anda meskipun sama-sama mengidap osteoporosis
Dalam sebuah studi seventysomethings, peneliti Australia menemukan mereka dengan jaringan terbesar teman-teman memiliki usia terpanjang dalam hidup. Untuk pria rata-rata, jaringan pertemanan ini menambahkan hingga 7 tahun hidup di Bumi. Ya, beberapa teman dapat mendorong perilaku berisiko dari waktu ke waktu, tapi persahabatan justru memberikan perlindungan lebih. Jadi cobalah mengenal beberapa wajah baru di tempat kerja, sekadar mengobrol di gym, atau hanya mengatakan "hei" ke tetangga yang belum pernah Anda temui.

+ 7,5 tahun: Katakan pada diri Anda, “Ada kehidupan setelah pensiun”
Dalam sebuah studi di Universitas Yale, orang dengan pandangan positif bisa memundurkan proses penuaan hingga 7 tahun dibanding mereka yang berpikir adalah takdir menjadi tua, lemah, dan sakit. Laporan penelitian Psychosomatic Medicine menyebutkan sikap tidak egois bisa membawa pengaruh positif dan menjauhkan dari obsesi tidak sehat kala usia senja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar